Penyebab Kolesterol Tinggi

 on Wednesday, July 27, 2016  

Pada tulisan yang lalu saya telah memposting “obat herbal untuk menurunkan kolesterol, dan pada tulisan kali ini adalah Penyebab Kolesterol Tinggi - Kolesterol merupakan suatu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi secara normal. Tubuh kita menggunakan kolesterol untuk menghasilkan hormon-hormon, untuk menghasilkan vitamin D, dan untuk menghasilkan asam empedu yang membantu mencerna lemak. Namun demikian, kebutuhan tubuh akan kolesterol dalam darah sangatlah kecil. Jika seseorang memiliki terlalu banyak kolesterol atau kelebihan kolesterol dalam aliran darahnya, maka kelebihan tersebut akan tersimpan di dalam arteri,seperti arteri koroner jantung, karotes otak, dan arteri yang memasok darah menuju kaki. Kolesterol yang tersimpan merupakan komponen dari plak yang menyebabkan penyempitan dan penyumbatan arteri. 

Penyebab Kolesterol Tinggi
Jika terjadi penyumbatan pada arteri kaki, maka hal ini akan menimbulkan nyeri saat berjalan. Kemudian penyumbatan yang terjadi dalam arteri karotis bisa menyebabkan atau menimbulkan  stroke. Nyeri pada bagian dada dan serangan jantung yang diakibatkan terjadinya penyumbatan pada arteri koroner. Nah sekarang pertanyaannya adalah apa penyebab koleterol tinggi yang sangat berbahaya ini?

Apa penyebab kolesterol tinggi?

Berikut ini beberapa penyebab kolesterol tinggi yang perlu anda ketahui guna untuk mencegah penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh anda, karena mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati.

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat

Diet dan gaya hidup dapat mempengaruhi jumlah lemak dalam darah yang beredar keseluruh tubuh. Hal-hal berikut ini dapat meningkatkan kadar kolesterol.

1.  Berlebihan memakan makanan lemak jenuh

Hindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti gorengan, susu, mentega, daging, keju, dan lainnya.

2.  Tidak aktif secara fisik atau kurang berolahraga

Aktif secara fisik merupakan hal yang begitu penting untuk tubuh kesehatan tubuh kita, menjadi aktif dapat menyeimbangkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi stress dan menurunkan tekanan darah serta dapat mengurangi resiko terhadap penyakit diabetes dan masih banyak lagi.
Berikut beberapa aktifitas agar anda lebih aktif:
  • Olahraga
  • Dalam menaiki tangga, cobalah untuk tidak menggunakan lift atau eskalator walaupun hanya untuk 1 atau 2 lantai saja dan lantai selanjutnya menggunakan lift atau eskalator.
  • Berjalan-jalan sebelum sarapan atau makan siang
  • Sebaiknya saat akan berjalan ke warung yang jaraknya tidak terlalu jauh lakukan dengan berjalan kaki.
  • Kegiatan-kegiatan lainnya yang melibatkan pelatihan fisik anda.

3.  Memiliki berat badan yang berlebihan

Diketahui bahwa orang-orang yang memiliki banyak lemak di sekitar pinggang sangat beresiko terkena penyakit jantung dan juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi.
4.  Mengkonsumsi Alkohol
5.  Merokok

Apalagi penyebab kolesterol tinggi lainnya?

Kondisi dimana anda menderita tekanan darah tinggi, Liver (Penyakit hati), masalah ginjal, kalenjer tiroid kurang aktif. Saat gejala tersebut timbul, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk pengobatan karena hal tersebut dapat menjadi pemicu tingginya kolesterol jahat dalam tubuh.

Bertambah Tua

Secara alami kadar kolesterol akan meningkat seiring bertambahnya usia atau menjadi semakin tua. Semoga penjelasan mengenai penyebab kolesterol tinggi ini dapat bermanfaat dan anda dapat terhindar dari penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh anda.
Jangan lewatkan artikel tentang obat herbal untuk menurunkan kolesterol.

Penyebab Kolesterol Tinggi 4.5 5 Sakkarupa Wednesday, July 27, 2016 Pada tulisan yang lalu saya telah memposting “ obat herbal untuk menurunkan kolesterol , dan pada tulisan kali ini adalah  Penyebab Koleste...


1 comment:

  1. Permisi min,ijin share
    Ketika kolesterol berlebihan mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat.Ada cara mencegah kolesterol jahat dengan mudahnya,tanpa menggunakan obat" yang cenderung menimbulkan efek samping.Yaitu dengan mengkonsumsi air kangen atau kangen water,kenapa kangen water? Klik link yg ersedia untuk info lebih lanjut

    ReplyDelete